Assalamualaikum Wr.Wb.

About Me....

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Penulis yang masih muda, meniru. Penulis yang sudah berpengalaman, mencuri ide. ~T.S.Elliot-writer~

TEORI" N TIPE" PEMIMPIN IDEAL

Ada beberapa teori yang menjelasakan proses seseorang menjadi pemimpin, teori yang dikenal adalah teori genetic, teori social, dan teori ekologis.
a. Teori genetic
Ungkapan teori ini adalah leaders are born and not made. Dalam teori ini seorang pemimpin itu dilahirkan dengan bakat pemimpin. Dalam keadaan bagaimanapun seorang itu akan ditempatkan pada suatu waktu menjadi pemimpin karena dia dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Artinya dalam teori ini bahwa takdirlah yang menjadikan dia menjadi seorang pemimpin.
b. Teori Sosial
Jika kita mengenal dalam teori genetic bakat pemimpin itu muncul secara lahiriah, tapi dalam pendangan menurut teori social menjelaskan kebalikan antara teori dari genetic. Leaders are made and not born begitulah penjelasan mengenai teori ini.
Penganut teori ini berpendapa bahwa setiap orang akan dapat menjadi pemimpin apabila diberi pendidikan dan kesempatan untuk itu.
c. Teori Ekologis
Teori ini merupakan penyempurnaan dari kedua teori di atas. Penganut teori berpendapat bahwa seseorang hanya dapat menjadi pemimpin yang baik apabila waktu lahirnya telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan, bakatnya kemudian dikembangkan malalui media pendidikan yang teratur dan pengalaman-pengalaman yang memungkinkan untuk mengambangkan lebih lanjut bakat-bakat yang memang telah dimilikinya.
Teori ini menggabungkan segi-segi positif dari kedua teori di atas baik itu genetic dan social. Namun demikian penyelidikan yang jauh yang lebih mendalam masih diperlukan untuk dapat mengatakan secara pasti apa factor-faktor yang menyebabkan seseorang timbung sebagai pemimpin yang baik.
Pada umumnya para pemimpin dalam setiap organisasi dapat diklasifikasikan menjadi lima type utama yaitu : sebagai berikut :
a. Tipe pemimpin otokratis
b. Tipe pemimpin lazis faire
c. Tipe pemimpin Militeristic
d. Tipe pemimpin paternalistic
e. Tipe pemimpin kharismatic
f. Tipe pemimpin demokratis
Ad1. Tipe Kepemimpinan Otokratis
Tipe kepemimpin ini menganggap bahwa pemimpin adalah merupakan suatu hak.
Ciri-ciri kepemimpin tipe ini adalah sebagai berikut :
• Menganggap bahwa organisasi adalah milik pribadi
• Mengandalkan kepada kekuatan / kekuasaan
• Menganggap dirinya paling berkuasa
• Jauh dari para bawahan
• Mengidentikkan tujuan pribadi dengan tujuan organisasi
• Menganggap bahwa bawahan adalah sebagai alatsemata-mata
• Tidak mau menerima kritik, saran dan pendapat dari orang lain karena dia menganggap dialah yang paling benar
• Selalu bergantung pada kekuasaan formal
• Dalam menggerakkan bawahan mempergunakan pendekatan (Approach) yang mengandung unsur paksaan dan ancaman.
• Keras dalam mempertahankan prinsip.
Dari sifat-sifat yang dimiliki oleh tipe kepemimpin otokritas tersebut diatas dapat diketahui bahwa tipe ini tidak menghargai hak-hak dari manusia, karena tipe ini tidak dapat dipakai dalam organisasi modern.
Ad2. Tipe Kepemimpinan Laisez Faire
Laisez Faire bukan merupakan istilah masakan, bukan nama masakan dan lain sebagainya. Istilah ini merupakan sebuah frase bahasa Perancis yang berarti “biarkan terjadi” (secara harafiah “biarkan berbuat”). Istilah ini berasal dari diksi Perancis yang digunakan pertama kali oleh para psiokrat di abad ke 18 sebagai bentuk perlawanan terhadap intervensi pemerintah dalam perdagangan. Laissez-faire menjadi sinonim untuk ekonomi pasar bebas yang ketat selama awal dan pertengahan abad ke-19. Apa sebebenarnya ciri-ciri kepemimpinan ini ..?
Ciri-ciri antara lain :
a. Memberi kebebasan kepada para bawahan
b. Pimpinan tidak terlibat dalam kegiatan
c. Semua pekerjaan dan tanggung jawab dilimpahkan kepada bawahan
d. Tidak mempunyai wibawa
e. Tidak ada koordinasi dan pengawasan yang baik
Ad3. Kepemimpinan Militeristik
Perlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa yang dimaksud dengan seorang pemimpin tipe militeristik tidak sama dengan pemimpin-pemimpin dalam organisasi militer. Artinya tidak semua pemimpin dalam militer adalah bertipe militeristis.
Seorang pemimpin yang bertipe militeristik mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :
• Dalam menggerakkan bawahan untuk yang ditetapkan, perintah mencapai tujuan digunakan sebagai alat utama
• Dalam komunikasi menggunakan saluran formal
• Menggunakan sistem komando dalam perintah
• Dalam menggerakkan bawahan sangat suka menggunakan pengkat dan jabatannya
• Senang kepada formalitas yang berlebihan
• Menuntun disiplin yang tinggi dan kepatuhan mutlak dari bawahan
• Tidak mau menerima kritik dari bawahan
• Menggemari upacara-upacara untuk berbagai keadaan.
Dari sifat-sifat yang dimiliki oleh tipe kepemimpinan militeritas jelaslah bahwa tipe pemimpin seperti ini bukan merupakan pemimpin yang ideal.
Ad4. Tipe Kepemimpinan Paternalistik
Tipe kepemimpinan paternalistik mempunyai ciri tertentu yaitu bersifat fathernal atau kepakan. Kepemimpinan seperti ini menggunakan pengaruh yang sifat kebapaan dalam menggerakkan bawahan mencapai tujuan. Kadang-kadang pendekatan yang dilakukan sifat terlalu sentimental.
Sifat-sifat umum dari tipe kepemimpinan paternalistik dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Menganggap bawahannya sebagai manusia yang tidak dewasa
b. Bersikap terlalu melindungi bawahan
c. Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengambil keputusan. Karena itu jarang pelimpahan wewenang.
d. Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengembangkan inisyatif daya kreasi
e. Selalu memberikan perlindungan
f. Sering menggap dirinya maha tahu.
g. Pemimpin bertindak sebagai bapak.
Harus diakui bahwa dalam keadaan tertentu pemimpin seperti ini sangat diperlukan. Akan tetapi ditinjau dari segi sifat-sifat negatifnya pemimpin paternalistis kurang menunjukkan elemen kontinuitas terhadap organisasi yang dipimpinnya.
Ad5. Tipe Kepemimpinan Karismatis
Sampai saat ini para ahli manajemen belum berhasil menemukan sebab-sebab mangapa seserang pemimpin memiliki karisma. Yang diketahui ialah tipe kepemimpinan ini mempunya daya tarik yang amat besar, dan karenanya mampunya pengikut yang sangat besar. Kebanyakan para pengikut menjelaskan mengapa mereka menjadi pengikut pemimpin seperti ini, pengetahuan tentang factor penyebab karena kurangnya seorang pemimpin yang karismatis, maka sering hanya dikatakan bahwa pemimpin yang demikian diberkah dengan kekuatan gaib (supernatural power), perlu dikemukan bahwa kekayaan, umur, kesehatan profile pendidikan dan sebagainya. Tidak dapat digunakan sebagai kerieria tipe pemimpin karismatis.
Ad6. Tipe Kepemimpinan Demokratis
Dari semua tipe kepemmpinan yang ada, tipe kepemimpinan demoktratis dianggap adalah tipe kepemimpinan yang terbaik. Hal ini disebabkan karena tipe kepemimpinan ini selalu mendahulukan kepentiangan kelompok dibandingan kepentingan individu.
Beberapa cirri dari tipe kepemimpinan demokratis ini adalah sebagai berikut :
• Dalam proses menggerakan bawahan selalu bertiik tolak dari pendapat bahwa manusia itu adalah makhluk yang termulia di dunia.
• Selalu berusaha menselaraskan kepentingan dan tujuan pribadi dengan kepentingan organisasi.
• Senang menerima saran, pendapat, dan bahkah kritik dari bawahannya.
• Mentolerir bawahan yang membuat kesalahan dan berikan pendidikan kepada bawahan agat jangan berbuat kesalahan dengan tidak mengurangi daya kreativitas, inisiatif dan prakarsa dari bawahan.
• Lebih menitik beratkan kerjasama dalam mencapai tujuan.
• Selalu berusaha untuk menjaidkan bawahannya lebih sukses daripadanya.
• Berusaha mengambangkan kapasitas diri pribadinya sebagai pemimpin.
• Dan sebagainya
Dari sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin tipe demokratis ini jelaslah bahwa mudah untuk menjadi pemimpin demikratis.
Begitulah penjelasan singkat yang dapat saya uraikan, moga dilain waktu saya akan mencari referensi atau sumber bacaan lain sehingga saya dapat menguraikan secara jauh teori organisasi umum ini.

Tidak ada komentar: